Seperti apa digital transformation atau transformasi digital dalam dunia pekerjaan umum?

Memasuki era industri 4.0 global yang gaungnya semakin didorong pemerintah sejak 2019 lalu, berbagai sektor di tanah air mulai menyiapkan diri mengikuti perubahan tersebut. Industri 4.0 ini sendiri sangat erat kaitannya dengan persiapan infrastruktur, penguatan database dan pemanfaatan teknologi dengan mempertimbangkan kecepatan akses, kehandalan dan keamanan data.

Dan yang menjadi salah satu langkah penting dalam menghadapi era industri 4.0 ini adalah transformasi digital / digital transformation. Dalam dunia konstruksi, transformasi digital sudah dilakukan di banyak negara maju, salah satunya dengan menerapkan BIM (Building Information Modeling).

BIM merupakan seperangkat teknologi, proses, kebijakan yang saling berkolaborasi dan terintegrasi dalam sebuah model digital.  Dengan kata lain, diterjemahkan menjadi sebuah gambar tiga dimensi, dimana semua unsur dalam gambar bisa memiliki data terkait kuantitas, harga dan skedul.

Pada kesempatan ini, PT iKonsultan Inovatama (IKON), sebuah perusahaan IT bekerjasama dengan Oracle, salah satu perusahaan perangkat lunak terkemuka di dunia, menghadirkan seminar dengan tajuk “Digital Transformation 4.0 for Public Wokrs’ Projects yang diselenggarakan di Hotel Ayana Midplaza Jakarta pada Selasa, 10 Maret 2020.

“Mengingat bahwa PUPR memiliki target yang sangat besar dari pemerintah, baik dari sisi anggaran maupun implementasi, IKON dan Oracle ingin turut berperan serta dalam Transformasi Digital di area ini. Dalam siklus hidup infrastruktur layanan publik, di samping faktor perencanaan dan konstruksi, pemeliharaan infrastruktur layanan publik yang dibangun,(seperti bandara, pelabuhan, jembatan, jalan tol, kawasan wisata, dll) merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Pengelolaan data yang terintegrasi, termasuk identifikasi seluruh asset infrastruktur yang dimiliki juga merupakan salah satu inisiatif transformasi digital yang penting bagi layanan public,” tutur Munin Widardjo, Presiden Direktur PT iKonsultan Inovatama.

 

Satu Data, Satu Peta, Satu Referensi

Selain menghadirkan nara sumber dari IKON dan Oracle, seminar digital transformation ini juga menghadirkan Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ir. Nicodemus Daud, M.Si.

Dalam pemaparannya yang mengangkat judul “Peran PUPR dalam Transformasi Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing Nasional Menuju Indonesia Emas 2045” Nicodemus mengaris bawahi sebuah inovasi yaitu ‘satu data, satu peta dan satu referensi.

Seminar ini diikuti oleh  peserta dari perusahaan konstruksi, baik swasta maupun BUMN, transportasi, dan tentunya yang terkait dengan pekerjaan umum.

PT iKonsultan Inovatama, banyak dipercaya perusahaan untuk melakukan transformasi digital. Tidak hanya perusahaan swasta namun juga BUMN di bidang konstruksi, minyak dan gas adalah kliennya.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan bantuan dalam bertransformasi digital, hubungi kami di info@ikonsultan.com. (*)