Seperti apa business intelligence membantu dalam membuat keputusan di masa krisis sebuah perusahaan?

Pandemic Covid-19 yang saat ini masih terus berlangsung, banyak mengubah tatanan kehidupan manusia. Mulai dari aktivitas sosial, hingga bisnis. Tak sedikit perusahaan harus mengubah strategi bisnisnya untuk tetap bertahan di masa krisis ini.

Tesla Inc. misalnya, perusahaan otomotif Amerika yang khusus memproduksi mobil sport elektrik ini menghadapi tantangan besar saat transisi tim bekerja di rumah. Dengan menggunakan data dan analitik, Tesla Inc. dapat menganalisa peran kerja dan memberikan rekomendasi jenis pekerjaan yang dapat dialihkan untuk bekerja secara remote dan mana yang memang harus berada on site.

Tools Business Intelegence (BI) yang digunakan oleh tim analisis sangat membantu dalam memandu memperoleh dan mengolah data dalam proses pengambilan keputusan.

Lantas, seperti apakah business inteligence itu sendiri? Ada beberapa sumber pemahaman mengenai business inteligence.

Laudon dan Jane menyebutkan, Business Intelligence adalah alat analisis yang digunakan untuk mengkonsolidasi data, menganalisis, menyimpan dan mengakses banyak data untuk membantu dalam pembuatan keputusan, seperti perangkat lunak untuk query database dan pelaporan alat untuk analisis data multidimensi, dan data mining.

 

Dari Memaksimalkan Pendapatan Hingga Prediksi Tren

Terdapat tiga peluang terkait data untuk dihimpun, dianalisa dan digunakan untuk mengambil keputusan. Tiga hal itu adalah:

1. Memaksimalkan pendapatan
Mengidentifikasi faktor pendorong peningkatan penjualan dengan mengevaluasi pelanggan dan proses bisnis pada saat ini.

2. Meningkatkan efisiensi
Mengidentifikasi bagian usaha dan program yang memiliki performa di bawah rata-rata dengan tujuan untuk mengurangi pengeluaran. Menggunakan analitik untuk menemukan hubungan dan membandingkan operasional, performa dan analisa finansial.

3. Prediksi
Melakukan prediksi tren pada supply and demand, pengamatan pada indikator lead yang cepat berubah

Pada era badai resesi ekonomi, memperbesar peran data analitik data dapat memberikan kepastian dimana hal tersebut adalah penting. Analitik baik program maupun cara berpikir adalah hal utama untuk dapat bertahan pada masa krisis seperti pada saat ini.*

Sources:

Leave a Comment